Magnet adalah benda yang sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan orang, karena kehadirannya yang banyak ditemukan di berbagai alat kehidupan sehari-hari. Lalu apa manfaat magnet sebenarnya? kenapa banyak digunakan pada barang sehari-hari?

Seperti yang Kita ketahui bahwa magnet adalah benda yang memiliki gaya elektromagnetik. Dimana gaya tersebut menimbulkan gaya tarik-menarik, terutama jika didekatkan dengan benda yang bersifat magnetis atau yang mudah ditarik oleh magnet seperti baja atau besi.

5 Manfaat Magnet dalam Kehidupan

Kepemilikan gaya elektromagnetik oleh magnet inilah yang menjadi alasan mengapa magnet banyak digunakan di berbagai alat kehidupan sehari-hari.

Nah apa saja manfaat magnet yang ada dalam kehidupan sehari-hari Kita? Berikut penjelasanya di bawah ini,

1. Merapatkan Dua Benda

Manfaat pertama dari magnet adalah sifatnya yang bisa menarik benda yang magnetis. Kemampuannya menarik ini cukup kuat untuk merapatkan kedua benda yang berbeda dengan mengaplikasikan magnet di dalamnya.

Contohnya adalah pintu lemari es. Pernahkan anda bertanya mengapa pintu lemari es bisa menutup dengan kuat dan rapat? Yak, jawabannya adalah karena ada magnet di sekeliling sisi pintu lemari es tersebut.

Terlebih kebanyakan lemari es terbuat dari baja, dimana baja adalah benda yang bersifat magnetis. Sehingga lemari es bisa tertutup dengan rapat dengan kemampuan magnet yang diaplikasikan.

Dengan ini suhu yang ada di dalam lemari es dapat terjaga dan membuat makanan dan minumannya di dalamnya tetap segar.

Hiasan Kulkas menggunakan magnet. Sumber: media.suara.com

Hiasan Kulkas menggunakan magnet. Sumber: media.suara.com

Pada lemari es, selain pintunya saja yang memanfaatkan magnet terdapat hiasan lemari es yang juga mengaplikasikan magnet di dalamnya.

Sehingga dengan sifat magnet yang bisa menarik atau merekatkan benda magnetis juga bermanfaat dalam menunjang penampilan atau hiasan dari sebuah lemari es atau bagian ruangan lainnya.

2. Mengambil Benda-Benda Magnetis

Benda magnetis adalah benda yang terbuat dari bahan yang dapat ditarik kuat oleh magnet, seperti logam.

Dengan menggunakan sifat benda magnetis inilah, magnet dimanfaatkan pada beberapa peralatan yang kegunaannya sering bertemu dengan barang logam.

Contohnya adalah gunting, pada ujung-ujung gunting biasanya dibuat bermagnet sehingga akan memudahkan seseorang untuk mengambil dan menjadi jarum ketika sedang menjahit.

Selain gunting, ujung obeng juga dibuat bermagnet supaya sekrup yang akan dipasangkan bisa menempel pada ujung obeng sehingga mudah saat memasangnya.

Alat pengangkut besi. Sumber: google.com

Alat pengangkut besi. Sumber: google.com

Tak hanya barang kecil seperti jarum dan sekrup saja, material bangunan seperti besi yang besar juga bisa diambil menggunakan alat yang menggunakan gaya elektromagnet.

Yakni alat pengangkut besi, dimana sistem alat pengangkut  ini adalah dengan mengubah arus listrik kuat menjadi gaya elektromagnet. Sehingga ketika alat ini dialiri listrik, material besi dapat menempel pada alas alat tersebut. 

3. Merubah Energi

Apakah Anda tahu bahwa energi listrik bisa berubah menjadi energi bunyi? Jika belum mari kita bahas bagaimana energi listrik berubah menjadi energi bunyi.

Untuk memudahkan pemahaman kita, bisa kita ambil contoh speaker. Seperti yang kita tahu bahwa speaker akan berbunyi setelah diberi listrik. 

Ternyata di dalamnya terdapat kumparan solenoid dan magnet permanen yang dimanfaatkan oleh sinyal listrik. 

Sinyal listrik akan menghasilkan medan magnet yang berubah-ubah. Sehingga magnet akan mendorong solenoid yang nantinya menjadi sebuah pergerakan.

Dimana pergerakan tersebut akan menyebabkan membran di dalam speaker bekerja.  Membran tersebut akan mengubah-ubah tekanan udara, sampai dirambatkan ke telinga manusia yang dikenal sebagai bunyi.

Nah dari proses ini, bisa Kita simpulkan bahwa magnet bermanfaat dalam proses perubahan energi listrik menjadi energi bunyi.

Namun ternyata selain mengubah energi listrik menjadi energi bunyi, magnet juga bermanfaat dalam mengubah energi kinetik menjadi energi listrik.

Contohnya adalah dinamo pada sepeda. Ketika roda sepeda yang bergerak dan menghasilkan energi kinetik, energi tersebut akan menggerakkan kepala dinamo.

Dimana di dalam dinamo tersebut terdapat magnet yang berputar di dalam kumparan tetap. 

Getaran yang dihasilkan dari energi kinetik roda sepeda dan magnet akan menghasilkan medan elektromagnetik yang secara perlahan menjadi energi listrik.

4. Petunjuk Arah

Kompas. Sumber: asset.kompas.com

Kompas. Sumber: asset.kompas.com

Salah satu karakteristik magnet adalah kutub-kutubnya yang selalu menunjukkan arah utara dan selatan. Dari karakteristik inilah mengapa magnet sering ditemukan pada kompas.

Seperti yang kita ketahui bahwa fungsi dari kompas adalah alat penunjuk arah mata angin. Magnet yang berbentuk jarum diletakkan di  dalam kompas, sehingga jarum tersebut akan selalu menunjukkan arah utara dan selatan. 

Dengan demikian, kompas bisa dijadikan sebagai penunjuk arah mata angin. 

5. Menggantikan Roda pada Kereta Api Maglev

Pernahkah anda melihat sebuah kereta api yang bergerak seperti melayang di atas rel? Itulah kereta api yang disebut dengan kereta api maglev.

Bagaimana bisa dia melayang? Seperti namanya yaitu magnetic levitation yang artinya mengapung di atas magnet. Sehingga kereta api modern ini bergerak bukanlah menggunakan roda tetapi menggunakan magnet.

Nah itu dia kelima manfaat magnet yang bisa Kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Karena karakteristik atau sifatnya lah mengapa magnet banyak digunakan.

Bagaimana? apakah artikel ini bisa membantu anda dalam menemukan jawaban dari “apa manfaat magnet dalam kehidupan”.

Jika anda ingin membuat sendiri alat yang memanfaatkan magnet, Anda bisa mendatangi website kami, magnettrap.id yang akan menyediakan berbagai bentuk dan ukuran magnet yang tentunya memiliki kualitas terbaik.

Disini anda juga bisa mengajukan custom magnet yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk produk magnet kami meliputi magnet trap, magnet batang, magnet separator dan masih banyak lagi. 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *