Aneka bahan makanan, sumber: google.com

Kontaminasi merupakan pencemaran atau pengotoran, khususnya yang disebabkan oleh unsur-unsur dari luar. Ada banyak hal yang dapat terkontaminasi namun salah satu yang langsung berdampak pada kesehatan manusia adalah kontaminasi makanan.

Makanan yang sudah terkontaminasi bakteri atau jenis parasit lain adalah salah satu penyebab gangguan pencernaan secara umum. Melalui makanan yang terkontaminasi tersebut, parasit dan bakteri dapat masuk dan menginfeksi tubuh manusia.

Adapun definisi dari kontaminasi makanan sendiri adalah terjadinya percampuran antara bahan makanan dengan senyawa, zat atau unsur lainnya yang bisa merusak makanan dan akan sangat berbahaya jika masuk ke dalam tubuh manusia.

Sebagai contoh, sayur sop yang telah terkontaminasi zat berbahaya karena wadah yang kotor, gorengan yang terkontaminasi oleh debu di pinggir jalan, bakso yang terkontaminasi bahan borax, roti yang terkontaminasi jamur dan masih banyak lagi contoh lainnya.

Jenis Jenis Kontaminasi Makanan

Berdasarkan penyebabnya, kontaminasi bisa dibagi menjadi 3 jenis. Yakni kontaminasi kimia, kontaminasi biologis dan kontaminasi fisik. Apa perbedaan dari ketiga jenis kontaminasi ini? Kami berikan ulasan nya di bawah ini, khusus untuk Anda. Yuk disimak!

Aneka bahan makanan, sumber: google.com

Aneka bahan makanan, sumber: google.com

Kontaminasi Kimia

Penyebab umum yang membuat makanan terkontaminasi adalah bahan bahan kimia, baik yang berasal dari luar makanan maupun dari dalam makanan itu sendiri. Bahan kimia dari dalam makanan di antaranya seperti racun yang terdapat pada beberapa jenis ikan. Sedangkan yang berasal dari luar, misalnya kandungan pestisida pada sayur dan buah hasil pertanian non organik.

Kontaminasi Biologis

Jenis kontaminasi kedua ini adalah proses kontaminasi yang disebabkan oleh zat yang dihasilkan oleh makhluk hidup seperti manusia, hama dan mikroorganisme. Di antara contoh kontaminasi ini adalah kontaminasi bakteri, parasit dan virus yang ditularkan melalui berbagai media seperti air liur, kotoran atau darah.

Kontaminasi Fisik

Jenis kontaminasi terakhir adalah kontaminasi fisik, merupakan kontaminasi yang diakibatkan oleh benda asing yang biasanya terjadi pada saat proses produksi makanan dan sangat berbahaya bagi kesehatan orang yang mengkonsumsinya. Di antara contoh dari kontaminasi fisik ini adalah seperti potongan kuku, plastik, rambut, logam, kotoran dan lainnya.

Kontaminasi Silang

Selain jenis kontaminasi berdasarkan penyebabnya di atas, ternyata kontaminasi juga bisa terjadi secara menyilang pada tiga hal. Yakni kontaminasi makanan ke makanan, peralatan ke makanan dan manusia ke makanan. Penasaran dengan penjelasannya? Simak paparan lengkapnya di bawah ini!

Makanan ke Makanan

Kontaminasi silang antara makanan ke makanan ini terjadi ketika makanan yang terkontaminasi bakteri menyebar pada makanan lain yang masih higienis dan biasanya terjadi pada saat menggabungkan makanan yang terkontaminasi dan makanan higienis.

Kotaminasi makanan ke makanan, sumber: google.com

Kotaminasi makanan ke makanan, sumber: google.com

Contohnya, tidak sengaja mencampurkan sayuran mentah yang belum dicuci dengan sayuran mentah lainnya yang telah dicuci bersih dan di antara jenis makanan yang sangat mudah terkontaminasi oleh bakteri adalah berbagai sayuran hijau, tauge, daging serta aneka seafood.

Peralatan ke Makanan

Jenis kontaminasi silang ini terjadi pada saat permukaan peralatan yang kotor atau tidak dicuci yang digunakan untuk makanan yang higienis baik digunakan saat proses memasaknya maupun pada proses penyajiannya.

Kondisi tersebut dapat  memicu terjadinya kontaminasi antara peralatan ke makanan. Contoh kontaminasi ini adalah penggunaan talenan, pisau dan wadah yang sama untuk mengolah beberapa jenis makanan sekaligus tanpa dicuci terlebih dahulu.

Manusia ke Makanan

Kontaminasi silang terakhir terjadi pada manusia ke makanan. Biasanya terjadi pada saat bakteri atau kontaminan yang ada pada tubuh manusia berpindah ke makanan. Contohnya adalah ketika tangan yang kotor menyentuh makanan secara langsung, batuk dan bersin di depan makanan, bisa mencemari makanan dan terjadilah kontaminasi silang.

Efek Negatif Kontaminasi Makanan

Efek yang dihasilkan dari kontaminasi makanan bisa ringan seperti mual, sakit kepala, sakit perut, dan kehilangan nafsu makan. Namun efek berat yang juga bisa saja terjadi adalah diare yang berlangsung lebih dari tiga hari, tinja berdarah, demam, dehidrasi, kegagalan fungsi organ bahkan kematian.

Demam, sumber: google.com

Demam, sumber: google.com

Solusi Ampuh Atasi Kontaminasi Makanan

Kontaminasi tidak hanya menyebabkan keracunan pada manusia, namun juga bisa menyebabkan terjadinya wabah. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui protokol kesehatan untuk menjaga kebersihan pangan, di antara yang bisa Anda lakukan adalah:

  • Selalu mencuci bersih sayuran dan buah sebelum dimasak
  • Jangan mencuci daging mentah
  • Memasak makanan sampai matang
  • Menggunakan peralatan masak yang berbeda untuk bahan makanan mentah dan masakan yang sudah matang
  • Mencuci bersih talenan, pisau dan semua peralatan masak sesudah digunakan
  • Memakai sarung tangan, topi dan masker saat memasak.

Agar terhindar dari kontaminasi, sangat disarankan untuk mencuci tangan dengan sabun secara menyeluruh setelah dan sebelum berinteraksi dengan makanan. Khusus untuk kontaminasi yang disebabkan oleh bahan logam, misalnya bahan logam yang terdapat pada bungkus makanan maka cara yang ampuh untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan magnetic trap.

Apa Itu Magnetic Trap?

Magnetic trap merupakan alat atau aksesoris produksi yang fungsinya untuk menangkap pengotor besi dan logam yang ditarik magnet dari produk makanan. Cara kerja magnetic trap adalah jika produk makanan dilewatkan pada alat ini maka logam dan besi yang ada akan ditarik seketika.

Oleh sebab itu, berkenaan dengan kontaminasi yang disebabkan oleh benda logam, misalnya pada industri makanan guna menjaga kualitas makanan agar terbebas dari berbagai jenis kontaminasi. Maka dengan magnet trap ini Anda bisa mencegah terjadinya kontaminasi logam dan besi pada produk makanan.

CV Gauss Magnet Indonesia adalah pabrik magnet industri sekaligus produsen magnet trap di Indonesia yang berpengalaman. Ada banyak pilihan magnet trap yang bisa Anda pilih di sini, dan tentunya dengan kualitas terbaik. Anda  pun bisa memesan ukurannya secara custom. Jadi, tunggu apalagi hubungi kami segera dan dapatkan magnet trap yang Anda butuhkan.

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *